Selasa, 05 Mei 2020

MikroTik Tools IP Binding

Halo apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat selalu. Pada postingan saya kali ini akan membagikan tools atau aplikasi desktop untuk mengirimkan perintah IP Binding ke MikroTik.

Untuk teman-teman administrator jaringan yang sudah biasa menggunakan fitur MikroTik Hotspot pasti pernah menggunakan fitur IP Binding ini. Fungsinya adalah untuk melakukan bypass login page untuk device yang tidak berhasil membuka login page dari MikroTik Hotspot kita, dengan syarat MAC Address device tersebut harus di daftarkan terlebih dahulu. Tujuan dari bypass login page ini adalah ketika device yang sudah di daftarkan MAC address nya maka device tersebut bisa mendapatkan koneksi internet setelah terhubung dengan wifi, tanpa harus membuka browser dan melakukan proses login. Hal ini terkadang perlu dilakukan jika kita menemukan kasus device yang sudah terhubung dengan wifi tetapi tidak bisa membuka login page dari MikroTik Hotspot kita, meski sudah di coba ketikan secara manual alamat IP/DNS name dari jaringan Hotspot kita (sering saya jumpai masalah ini pada beberapa produk apple, entah apa penyebabnya tapi terkadang saya temui juga pada produk android).

Biasanya fitur IP Bindings ini bisa kita akses dari aplikasi winbox, dari menu IP - Hotspot - IP Bindings, seperti gambar dibawah. Akses aplikasi winbox ini yang tentunya harus  administrator jaringan saja yang hanya boleh mengaksesnya.


Namun jika dengan menggunakan MikroTik Tools IP Binding yang akan saya bagikan ini, teman-teman tidak perlu menggunakan winbox lagi. Teman-teman cukup melakukan setup sekali saja untuk IP address, usename dan password dari MikroTik yang akan diakses.

Bagi yang ingin mencoba tools ini silakan download disini.

Setelah download jalankan toolsnya dengan cara klik 2x pada file MikroTik Tools IP Bindings.exe


Saat pertama kali menjalankan tools ini akan muncul perintah untuk mengisikan IP, username dan password. Data IP, username dan password akan tersimpan pada registry lokal komputer.


Klik tombol OK, lalu isikan ip, username, password dan port API mikrotik anda.


Setelah itu buka kembali tools ini, tunggu sekitar 3 detik jika tidak ada pesan jaringan gagal yang muncul artinya koneksi via port API ke MikroTik teman-teman sudah berhasil terhubung (bisa juga dilihat dari log MikroTiknya). Selanjutnya langsung saja ketik MAC Address device HP/Laptop yang akan di bypass pada kolom Mac Address, lalu pada kolom comment bisa di isi alias/identitas si pemilik device. Contohnya seperti gambar dibawah:

Setelah klik tombol Proses, maka MAC Address akan ditambahkan di list IP Bindings MikroTik teman-teman.


Ok sekian dulu berbagi pengalaman dari saya kali ini. Oya tools ini saya kembangkan dari script yang saya dapatkan dari forum.mikrotik.com pada link berikut https://forum.mikrotik.com/viewtopic.php?t=51584

Bagi yang ingin mencoba tools ini silakan download disini.

Jika ada menemukan error MSWINSCK.OCX not found, teman-teman bisa download file OCX nya disini

Ok selamat mencoba, jika ada error yang ditemukan bisa di info pada kolom komentar ya. Terima kasih.

Video tutorial penggunaan tools ini bisa dilihat di video dibawah ini:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar